Cara Kerja Project Loon "Balon Google"

baru baru ini di dunia media sosial ramai diperbincangkan tentang rencana google yang ingin membuat proyek yang besar, yappp "Project Loon" proyek yang berfungsi untuk sebagai pemancar jaringan internet ini sangat ditunggu-tunggu. Project Loon ini sudah dikerjakan oleh Divisi X Google pada tahun 2011 tahun lalu, namun resmi diumumkan pada tahun 2013. Tujuan utama dari project loon sendiri menyalurkan internet 2/3 populasi di dunia.

Pada umumnya sebuah balon bila terkena panas lama-kelamaan akan mengempes dengan sendirinya, berbeda dengan balon yang dimiliki oleh google saat ini, balon yang terbuat dari lembaran plastik polyethylene yang sangat ringan, fleksibel, dan juga kuat akan hawa panas ini mampu bertahan dalam waktu yang cukup lama yakni 187 hari di udara tepatnya dilapisan bumi luar Stratosfer.


didalam balon juga dilengkapi panel surya sebagai pengisi daya selama berada di angkasa, jika berada di stratosfer balon ini tidak akan pernah terhalang oleh awan selama mengudara, dan juga terdapat dua radio transceiver yang berfungsi untuk menerima dan mengirim daya dengan spectrum 900 MHz dan kecepatan internetnya mencapai 15 Mbps. 


jika sudah 187 hari maka akan diturunkan kembali ke bumi, tidak perlu khawatir balon akan rusak atau apapun karena balon sudah bisa digerakkan naik dan turun, jadi balon google ini akan selamat tanpa mengalami kerusakan.


gimana menurut kalian tentang project loon yang tengah di kembangkan ini ?? sangat modern sekali bukan, dan dapat membantu kita dalam kesulitan untuk berinteraksi dengan orang lain. yuk share artikel ini ke teman-teman kalian supaya mereka tahu bahwa google telah mengembangkan proyek baru.

Post a Comment